BAHWASANNYA

Adanya "ADA" itu "ADA",Tidak adanya "ADA" itu "ADA".Adanya "Tidak Ada" itu "ADA",Tidak Adanya "Tidak Ada" itu "ADA"....
"Huwalloh, Robby...Wa Robbukum...Dialah Allah, Tuhanku dan Tuhan Kalian"

Home » , , » Jeru Jadi Volcano Park dan Miniatur Dunia

Jeru Jadi Volcano Park dan Miniatur Dunia

Must Joyo | 6/16/2009 11:18:00 AM | 2komentar
Jeru Jadi Volcano Park dan Miniatur Dunia

MALANG - Proyek volcano park atau taman gunung berapi di Kabupaten Malang memasuki babak baru. Rencananya, September mendatang akan ditandatangani letter of intent (LoI) antara pemerintah Prancis dengan pemerintah Indonesia.

Setelah LoI ditandatangani, kelanjutan volcano park akan dilanjutkan dengan feasibility study (FS) atau studi kelayakan. Waktu untuk melaksanakan studi kelayakan biasanya sekitar satu atau dua tahun. Setelah FS selesai, langsung ditindaklanjuti dengan pembuatan taman. Pembuatan taman yang diperkirakan menelan dana investasi senilai Rp 1 triliun tersebut diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 tahun.

Volcano park sendiri nantinya akan berisi seluk-beluk gunung berapi. Termasuk juga asal muasal lahar, magma, dan gempa bumi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Purnadi memaparkan, beberapa waktu lalu gubernur Versailles, Prancis, sudah berkirim surat kepada Gubernur Jatim Soekarwo. Surat itu juga sudah ditembuskan kepada Bupati Malang Sujud Pribadi.

Sesuai dengan perkiraan, pemerintah dan investor dari Prancis sudah sepakat bahwa kawasan yang akan dijadikan volcano park adalah eks taman burung di Jeru, Tumpang. Lahan yang akan digunakan sluas 12,1 hektare. Bila volcano park di Jeru benar-benar terealisasi, taman wisata tersebut merupakan yang kedua di dunia. Untuk saat ini, satu-satunya volcano park hanya terdapat di Versailles.

Karena dana yang akan ditanamkan jumlahnya mencapai 1 triliun, pemerintah pusat akan turut aktif dalam memfasilitasi. Termasuk juga membantu dalam masalah pendanaan. "Untuk masalah dana, nantinya akan ditanggung bersama-sama antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, dan konsorsium dari Eropa," ucap Purnadi.

Untuk kabupaten, rencananya pemkab akan menyumbangkan lahan Jeru yang dimilikinya. Selain itu, pemkab membangun sarana dan prasarana berupa akses jalan menuju ke Jeru. Pemkab juga berencana melakukan studi banding ke Prancis untuk melihat volcano park dari dekat. Studi banding itu sendiri diagendakan setelah studi kelayakan tuntas.

Selain volcano park, di lahan Jeru itu juga akan dibangun international peace palace (IPP). Nantinya, IPP ini akan berbentuk seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Hanya, jika TMII merupakan miniatur Indonesia, IPP nanti dijadikan miniatur dunia. Sumber : Jawa Pos

Ex Taman Burung, yang konon sudah tidak beroperasi lagi, Rencananya, investor Prancis akan membuat taman yang dilabeli Volcano Park dilokasi ini
Share this article :

2 komentar:

prada mengatakan...

sip wis.....
berbanggalah yang menjadi warga djeru khususnya n seluruh arema sak ndunyo umumnya....
-----bravo arema-------
--joni andrean---

Must Joyo mengatakan...

Oyi Jon... suwun komentare. koen ndek di saiki...?? kapan2 kalo sudah jadi datang ke Jepang tak tunggu sambil makan the Gun (kelapa muda)

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Griya Maya Rog Rog Asem - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger