BAHWASANNYA

Adanya "ADA" itu "ADA",Tidak adanya "ADA" itu "ADA".Adanya "Tidak Ada" itu "ADA",Tidak Adanya "Tidak Ada" itu "ADA"....
"Huwalloh, Robby...Wa Robbukum...Dialah Allah, Tuhanku dan Tuhan Kalian"

Home » , , » Prancis Ikut Lirik Kabupaten Malang

Prancis Ikut Lirik Kabupaten Malang

Must Joyo | 6/16/2009 02:44:00 PM | 0 komentar
Prancis Ikut Lirik Kabupaten
Buat Wisata Gunung Berapi dengan Nilai Investasi Rp 1 Triliun


Minat investor asing untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Malang pada tahun ini cukup besar. Setelah Jepang, India, Tiongkok, dan Singapura, kemarin giliran Prancis yang ingin masuk ke Kabupaten Malang.

Investor dari Prancis, pagi kemarin bertemu dengan Bupati Malang Sujud Pribadi. Rencananya, investor Prancis akan membuat taman yang dilabeli Volcano Park. "Sebagai Bupati, saya akan sangat senang jika semakin banyak investor yang masuk ke kabupaten. Semakin banyak investasi yang ditanamkan, akan semakin memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat," jelas Sujud ditemui kemarin.

Karenanya, dia sudah memerintahkan kepada semua satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) untuk memberikan kemudahan kepada investor. Termasuk, juga memberikan bantuan berupa pengurusan izin hingga ke pemerintah pusat. "Pokoknya, apa yang dibutuhkan investor, pemkab siap membantu. Investor ini mampu mengurangi jumlah pengangguran," tandasnya.

Di kabupaten sendiri, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Malang, jumlah pengangguran mencapai 47 ribu jiwa.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malang Purnadi memaparkan, investor sudah melakukan survei ke Jeru, Tumpang. Dari hasil survei yang dilakukan pada 2008 lalu, tampaknya investor tertarik untuk membuat taman gunung berapi. Kultur tanah dan letak geografis di Jeru cocok untuk dibuat wisata gunung api. Rencananya, lahan yang akan digunakan sekitar 12 hektare.

Setelah tahap survei, dalam waktu dekat akan dilakukan studi kelayakan. Untuk studi kelayakan ini, setidaknya dibutuhkan waktu satu tahun. Sedangkan dana yang dibutuhkan untuk pembuatan Volcano Park itu sendiri diperkirakan mencapai Rp 1 triliun.

Jika investasi di bidang pariwisata itu benar-benar terealisasi, maka Volcano Park itu merupakan yang kedua di dunia. Saat ini, Volcano Park hanya terdapat di Prancis. Selain taman wisata, nantinya di Volcano Park juga akan ada museum mengenai gunung berapi. Di dalamnya memelajari tentang awal mula terbentuknya gunung berapi, meletusnya gunung, terbuatnya magma, lahar, dan lava.

Di Prancis sendiri, terang mantan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Malang tersebut, tingkat kunjungan pada Volcano Park dalam setiap tahunnya lebih dari 1 juta wisatawan. "Untuk Malang sendiri, bila terealisasi kami juga menargetkan kunjungan 1 juta wisatawan setiap tahunnya," harap Purnadi.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Malang Rudianto menambahkan, wilayahnya memiliki banyak potensi untuk ditawarkan ke investor. Baik itu investor dalam negeri ataupun investor luar negeri.

Di kabupaten sendiri, saat ini sudah ada empat perusahaan PMA (penanaman modal asing). Untuk PMA yang joint dengan PMDN (penanam modal dalam negeri) mencapai tujuh perusahaan. Menurut Rudianto, untuk investor yang mempunyai modal besar, bisa menanamkan modalnya di bidang pertanian, perikanan, semen, gula, serta pariwisata. Sedangkan untuk investor bermodal kecil, bisa menggarap perekonomian rakyat. Misalnya dalam bentuk pengalengan tempe dan pengolahan bambu.

Untuk saat ini, pembuatan pabrik gula sudah dilirik oleh investor Tiongkok di Sumberpucung, sedangkan investor India berminat untuk membuat serat tekstil untuk konstruksi jalan tol di Jabung. Investor Jepang tertarik di bidang ritel, agroindustri, dan pembuatan komponen bodi mobil.

Sedangkan investor Singapura tertarik untuk mengirimkan ikan tuna yang banyak terdapat di Sendangbiru, Sumbermanjingwetan. Selain itu, investor dalam negeri juga berencana membuat pabrik semen di Sumbermanjingwetan. Sumber : Jawa Pos
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Griya Maya Rog Rog Asem - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger