BAHWASANNYA

Adanya "ADA" itu "ADA",Tidak adanya "ADA" itu "ADA".Adanya "Tidak Ada" itu "ADA",Tidak Adanya "Tidak Ada" itu "ADA"....
"Huwalloh, Robby...Wa Robbukum...Dialah Allah, Tuhanku dan Tuhan Kalian"

Home » , » Perbandingan Paket Internet ‘Unlimited’ dari Operator GSM

Perbandingan Paket Internet ‘Unlimited’ dari Operator GSM

EMDE Channel | 8/23/2011 08:44:00 AM | 0 komentar
Rateka Lee | Kristian Tjahjono | Yangcanggih.com

Mengakses Internet kini makin murah! Hampir semua operator di Indonesia kian gencar menawarkan koneksi Internet dengan harga terjangkau serta kecepatan maksimum yang cukup menggiurkan. Layanan itu terbagi tiga: volume-based, time-based, dan unlimited.

Volume-based berarti biaya Internet akan dihitung berdasarkan banyaknya data yang Anda gunakan. Sebagai contoh, dengan tarif Rp 0,5/KB, maka jika Anda mendownload lagu sebesar 4MB, Anda harus membayar paling tidak Rp 2 ribu.

Sedangkan time-based menghitung biaya Internet berdasarkan durasi Anda berselancar di Internet. Dengan tarif Rp 50 per menit, misalnya, maka berselancar selama 30 menit akan membuat Anda membayar Rp 1500 — tak peduli apakah Anda menggunakan seluruh waktu itu murni untuk berselancar atau sempat Anda tinggal sebentar ke kamar mandi.

Nah, yang dimaksud dengan unlimited adalah penggunaan Internet tak berbatas, tak peduli lama waktu dan jumlah data yang digunakan. Meski istilah ini tak sepenuhnya benar — karena masih ada pembatasan kecepatan koneksi ketika Anda mencapai kuota tertentu — pilihan ini kami rasa merupakan yang paling cocok dipilih karena lebih mudah dikontrol.

Kami membuat perbandingan antara beberapa paket Internet unlimited yang ditawarkan operator GSM guna mengetahui mana yang punya nilai lebih — dan paling sesuai kebutuhan Anda. Operator GSM dipilih sebab selain cakupan pengguna dan sinyal mereka lebih luas, jaringannya pun dapat digunakan untuk roaming dengan mudah.

Agar lebih mudah, perbandingan dibagi berdasarkan waktu aktif paket untuk pengguna prabayar, mengingat beragamnya skema yang ditawarkan masing-masing operator dan kecenderungan pelanggan Indonesia yang memilih prabayar. Berikut ini pemenang di tiap-tiap kategori:

Harian
1. Harga Rp 1000 | Axis (kuota 10MB).
2. Harga Rp 5000 | XL (kuota 50MB kecepatan maks. 512 Kbps).

Dwiharian
Axis | Rp 1900, kuota 20MB

Mingguan
1. Harga Rp 10.000 | Axis (kuota 100MB)

Dwimingguan
Axis | Rp 12.900, kuota 200MB

Selebihnya tidak dapat diperbandingkan karena tiap-tiap operator memiliki beda skema dan tarif.

Bulanan
1. Kuota 500MB | Tri menang harga (Rp 35.000) tapi Telkomsel menang kecepatan (maks. 2Mbps)
2. Kuota 1GB | Tri menang harga (Rp 50.000) tapi Telkomsel dan Indosat menang kecepatan (maks. 1Mbps)

Yang perlu diperhatikan, Axis dan Tri tidak memberikan informasi mengenai kecepatan yang Anda dapatkan. Dan kecepatan maksimum yang dijanjikan pun sangat jarang bisa Anda dapatkan dengan stabil (berlaku untuk semua operator).

Akhirnya, pemenang sejatinya adalah yang paling sesuai kebutuhan Anda: Yang irit namun dengan kecepatan seadanya, atau yang mahal dengan kecepatan prima?

Kristian Tjahjono, kontributor situs teknologi konsumen yangcanggih.com. Antusias terhadap berbagai jenis gadget, mulai dari komputer, ponsel, sampai kamera digital.

Sumber :
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Griya Maya Rog Rog Asem - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger