BAHWASANNYA

Adanya "ADA" itu "ADA",Tidak adanya "ADA" itu "ADA".Adanya "Tidak Ada" itu "ADA",Tidak Adanya "Tidak Ada" itu "ADA"....
"Huwalloh, Robby...Wa Robbukum...Dialah Allah, Tuhanku dan Tuhan Kalian"

Home » , » Tentang Buah Asem

Tentang Buah Asem

Must Joyo | 1/19/2009 09:34:00 AM | 0 komentar
Buah Asem
Pagi-pagi lagi googling, tadinya mau ngetes Blog dengan kata kunci Rog-rog Asem seperti judul pada blog ini. Eh nemu artikel soal asem. (Dalam bahasa jawa, dan saya coba untuk translate ke bahasa indonesia)
Hmmm... Ngilu deh... Asem itu adalah tanaman yang buahnya panjang-panjang, mrengkel-mrengkel (bahasa Indonesianya apa ya...?) Kalo masih masih muda dagingnya berwarna hijau, agak renyah, dan rasanya asem banget. Tapi kalo sudah tuwa dagingnya jadi coklat, rasa asemnya agak berkurang. Buah asem hampir bisa ditemukan di mana saja di pulau jawa. Seperti halnya di tempat asalku "Jepang" (Jeru Tumpang), sebuah desa di yang terletak di kabupaten Malang. Disana ada berderet buah asem yang umurnya udah puluhan tahun, Jadi inget ketika saya masih kecil dulu nungguin buah asem yang jatuh. Kalo nggak, kita berusaha mendapatkannya dengan bantuan alat Tepil (baca: ketapel dalam bahas jawa) karena gak bisa memanjat. Kalo udah dapet yang tua, "Cemaluk" yaitu istilah kami untuk buah asem yang sudah tua dan rasanya sudah tidak asem lagi, Uenak deh... Tapi kalo yang masih muda/hijau, jangan ditanya deh rasanya.. Hmmmm Kuecut alias Asem Banget... (Nulis ini sambil ngilu menelan lidah..he.he... Ngilu) Buah asem bisa digunakan untuk bumbu masak, minuman (wedang asem), jamu (kunir- asem), seperti halnya yang produksi oleh PT. Mustika Ratu, tempat saya bekerja. Sebab rasanya yang asem tadi, kadang Asem digunakan sebagai kata yang kasar seperti... Asem...!!

(Bagaimana dengan istilah Rog Rog Asem....????) ah itu hanya istilah aja, yang artinya kurang lebih adalah "Tidak tentu", istilah orang kerja itu dengan profesi dan hasil yang tidak tentu. Rog Rog Asem juga dipakai sebagai judul sebuah lagu / lirik yang dinyanyikan oleh Iwan Fals DKK pada album SWAMI II (Jadi mrembet ke Iwan fals Segala, ya maklum saya emang salah satu dari fans beratnya Iwan Fals yang dikenal juga dengan OI...he..he...) pingin lihat profile dia, klik aja di sini Walahhh.....

Ada beberapa Jenis Pohon atau buah asem Antara lain :

* Asam alias Asem jawa (Tamarindus indica) Info Lebih Lengkap klik Di sini
* Asem-asem (Tetramerista)
* Asem gelugur (Garcinia atroviridis dan G. costata) Info Lebih Lengkap Klik di sini
* Asem kandis (Garcinia xanthochymus) Lebih lengkap tentang Asem Kendis
* Asem kranji (Dialium indum)
* Asem kumbang (Mangifera quadrifida)
* Asem landa (Pithecellobium dulce)
* Asem paya
* Asem payang (Mangifera pajang)
* Asem pupoi (Sarcotheca griffithii)
* Asem putar (Mangifera torquenda)
* Asem rawa (Mangifera griffithii)

Woh asem

Asem iku tetanduran sing wohé dawa-dawa, mrengkel-mrengkel, rupa kulité coklat. Yèn isih enom dagingé wernané ijo, rada renyah, lan rasané kecut nemen. Nanging yèn wis tuwa dagingé banjur dadi coklat, rasa kecuté rada suda. Asem isa ditemoni ing ngendi waé ing Pulo Jawa. Asem bisa digunakaké kanggo bumbu masak, wedangan (wedang asem), jamu(kunir-asem). Amarga rasané kang kecut mau, bok menawa asem uga digawé tembung kang kasar yaiku asemane!.


Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Griya Maya Rog Rog Asem - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger