BAHWASANNYA

Adanya "ADA" itu "ADA",Tidak adanya "ADA" itu "ADA".Adanya "Tidak Ada" itu "ADA",Tidak Adanya "Tidak Ada" itu "ADA"....
"Huwalloh, Robby...Wa Robbukum...Dialah Allah, Tuhanku dan Tuhan Kalian"

Home » , , » Garuda Pastikan Jumat Flight Perdana (Malang - Jakarta)

Garuda Pastikan Jumat Flight Perdana (Malang - Jakarta)

Must Joyo | 1/10/2009 10:50:00 AM | 2komentar
Kabar baik ini, mengenai penerbangan Garuda Indonesia Rute Malang-Jakarta saya dapatkan ketika saya iseng-iseng dulinan (main) ke malangRaya.web dari sumber aslinya Malang Pos, tanpa nunggu lama-lama, langsung aja ijin sama adminnya (belum ada konfirmasi sih boleh nggaknya) tapi saya yakin pasti boleh2 aja deh. Ya, sekedar meneruskan informasi aja. Berikut ini isi beritanya :


"Karena lokasi penerbangan kami berada di wilayah Kabupaten Malang, kami sekarang ini kulo nuwun dulu. Kami harus memastikan kalau pada 16 Januari nanti, Garuda akan terbang dari Malang," ungkap Suranto, kemarin.

Dijelaskannya, alasan pembukaan rute ini adalah mengingat potensi Malang yang sangat bagus. Terutama dilihat dari trafffic yang terus naik dan potensi ekonomi yang juga cukup tinggi.

Kondisi ini menurutnya, perlu didorong dengan kehadiran maskapai penerbangan seperti Garuda untuk lebih mempercepat pertumbuhan yang ada di Malang. Selain karena alasan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang membutuhkan rute ini.

Sebenarnya, kata dia, niatan untuk membuka rute baru dari Malang ini sudah lama ingin diwujudkan. Namun masih terkendala armada dan juga kelengkapan lainnya.

Sementara pada tahun ini, Garuda sudah menambah beberapa armada baru berjenis 737 NG yang dioperasikan untuk rute menengah. Sementara rute pendek seperti Malang-Jakarta menggunakan jenis BOEING 737 300 karena menyesuaikan dengan landasannya. "Tahun ini, Garuda membuka 13 rute baru, termasuk rute Malang-Jakarta," ungkapnya.

Disinggung soal kemungkinan penambahan rute dari Malang, ia menegaskan penambahan rute belum menjadi prioritas. Namun untuk penambahan frekuensi flight Malang-Jakarta mungkin bisa dilakukan jika potensi penumpang dari Malang sangat bagus.

Ia menambahkan selain membidik masyarakat Malang sendiri, rute baru ini diharapkan juga bisa menampung penumpang dari beberapa daerah di kawasan sekitar Malang. Seperti Blitar, Pasuruan dan Lumajang. Karena itu jam terbangnya pun dijadwalkan berangkat dari Malang pukul 11.30 WIB.
Armada yang disiapkan berkapasitas 110 seat, terdiri dari 14 seat bisnis dan 96 ekonomi. Untuk harga berlaku harga spesial promo mulai dari Rp 575 ribu.

"Selanjutnya, harga akan menyesuaikan dengan kemampuan pasar. Bahkan jika potensinya cukup bagus, artinya seat load factor terpenuhi, bisa jadi harga tiket Garuda bisa dinikmati dengan harga rendah di Malang,’’ demikian Suranto.

Sementara itu terpisah, Kadis Ops Lanud Abd Saleh, Kol Pnb Ismet Simaya Saleh menyebut, pada tahun anggaran 2009 ini, pihaknya kembali mengusulkan adanya perpanjangan landasan pacu. Pengajuan itu memang bukan yang kali pertama.

Perpanjangan landasan dari semula 1.890 meter dengan lebar 20 meter, diusulkan menjadi 2.500 meter. Karena idealnya untuk landasan udara tipe B seperti Bandara Abd Saleh, minimal sepanjang 2.500 meter.
‘’Kami memang mengusulkan adanya perpanjangan landasan pacu. Acuannya adalah Standart Penerbangan Internasional (SPI), dengan berbagai pertimbangan keselamatan penerbangan,’’ terang Ismet.

Namun Ismet menolak jika disebut, usulan perpanjangan landasan pacu tersebut terkait dengan masuknya beberapa maskapai penerbangan komersil baru. Karena usulan itu sudah jauh-jauh hari dilakukan, sebelum penerbangan komersil membuka rute di Malang.

Jika landasan minimal 2.500 meter, hampir segala pesawat angkut bisa landing. Sedangkan untuk jenis pesawat tempur, panjang landasan minimal 3.000 meter,’’ tambah Ismet.

Untuk perpanjangan landasan itu sendiri, kata dia, yang bertanggung jawab adalah Dirjen Perhubungan Udara. Alasannya, dalam kesepakatan saat masuknya beberapa penerbangan swasta, disebutkan operasional landasan pacu, lengkap dengan lampu landasan, merupakan tanggung jawab dari Dirjen Perhubungan Udara. (oci/ira/avi) (Lailatul Rosida/malangpost)



Share this article :

2 komentar:

Anonim mengatakan...

salut

ogiexslash mengatakan...

how i have money with blog? see my blog

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Griya Maya Rog Rog Asem - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger