BAHWASANNYA

Adanya "ADA" itu "ADA",Tidak adanya "ADA" itu "ADA".Adanya "Tidak Ada" itu "ADA",Tidak Adanya "Tidak Ada" itu "ADA"....
"Huwalloh, Robby...Wa Robbukum...Dialah Allah, Tuhanku dan Tuhan Kalian"

Home » , » The Conductor, Documenter Terbaik FFI 2008

The Conductor, Documenter Terbaik FFI 2008

Must Joyo | 12/13/2008 12:42:00 PM | 1komentar
Sekilas membaca pesan di Millis Arema Sedunia, saya mendapatkan informasi. Sebuah film documenter, yang disutradarai oleh Andi Bachtiar Yusuf (fusuy) Wah, Koleksiku yang satu ini dipinjem temen kok belum dibalikin ya? (Sam SP, kalo kebetulan ikut baca postingan ini, ojo tersinggung Yo...he..hee)The Conductor yang menceritakan tentang kehidupan tiga orang yang berbeda status. Namun mempunyai sebuah profesi sama yang cukup unik dan menarik, yakni pemimpin paduan suara atau yang lebih dikenal dengan dirijen. Dalam karyanya, Andi menceritakan bagaimana kehidupan seorang Conductor dari mulai nol hingga telah dikenal dan menjadi pimpinan ribuan orang. Salah satu yang menarik dalam film itu adalah keikutsertaan Yuli Sumpil, seorang fans berat klub sepakbola Arema Malang, yang lebih dikenal dengan dirijennya Aremania. (Lebaran kemarin saya coba sempatkan hendak mampir ke Rumahnya, tapi gak tau sumpil gang berapa ya? ya cuma dimulut gang aja. Disamping waktu itu kota malang juga lagi diguyur hujan).Ia menjadi salah satu dari tiga peran utama dalam film itu, selain Addie Muljadi Sumaatmadja (Addie MS) seorang pemimpin kelompok musik orkestra terkenal, dan AG Sudibyo seorang dosen universitas terkenal di Jawa Barat, yang menjadi dirijen di kampus tempat dia mengajar.
Tidak cukup mendapatkan info dari millis yang isinya cuma menginformasikan bahwa The Conductor, documenter Terbaik FFI 2008 dan replay dari teman-teman dengan berbagai macam komentarnya. Kali ini saya coba mengai-ngais informasi yang lebih dari itu. Biar ujung-ujungnya adalah Copas info(Copy paste), tapi juga usaha lho, he...he... (sekedar berbagi info)
Setelah saya googling dengan kata kunci seperti judul postingan di atas, akhirnya saya dapatkan info ini dari salah satu web terkenal "kapanlagi.com" berikut adalah isi informasi tersebut.

Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2008 di Gedung Sate, Bandung, Jumat malam (12/12), telah memutuskan para pemenang dalam kategori. Dengan mengangkat tema Bangkit Menuju Citra Baru, panitia penempatkan banyak pendatang baru di dunia perfilman Indonesia menjadi yang terbaik.
Pemeran Pendukung Terbaik Pria jatuh pada pendatang baru Yoga Pratama lewat film 3 DOA 3 CINTA, begitu pun dengan Pemeran Pendukung Terbaik Perempuan Aryani Kriegenburg lewat film UNDER THE TREE. Begitu pun dengan kategori-kategori lain, yang dimenangi para pendatang baru, nama-nama beken seperti Garin Nugroho, Awi Suryadi dan Hanung Bramantyo harus tersingkir .

Sementara para pemenang dipilih melalui proses penjurian yang dilakukan oleh tim juri yang diketuai oleh Niniek L Karim untuk kategori Film Cerita Bioskop, Iwan Wahab selaku Ketua Dewan Juri Film Dokumenter, dan Hardo Sukoyo sebagai Ketua Dewan Juri Film Pendek.

Daftar lengkap pemenang Piala Citra FFI 2008 meliputi;

1. Film Cerita Bioskop Terbaik jatuh pada film FIKSI produksi Surya Indrantara.

2. Film Dokumenter Terbaik jatuh pada THE CONDUCTORS karya sutradara Andi Bachtiar Yusuf, produksi Bogalakon Pictures.

3. Film Pendek Terbaik jatuh pada CHENG CHENG PO, karya BW Purbanegara, produksi Sahabat Gloria dan Lima Enam Films.

4. Pemeran Utama Pria jatuh pada Vino G Bastian, dalam film RADIT DAN JANI, produksi Investasi Film Indonesia.

5. Pemeran Utama Wanita jatuh pada mantan model Fahrani, dalam film RADIT DAN JANI, produksi Investasi Film Indonesia.

6. Pemeran Pendukung Pria jatuh pada Yoga Pratama, dalam film 3 DOA 3 CINTA, produksi Investasi Film Indonesia dan Triximage.

7. Pemeran Pendukung Wanita jatuh pada Aryani Kriegenburg, dalam film UNDER THE TREE, produksi SET Film/Credo Cine Art.

8. Penyutradaraan Terbaik jatuh pada Mouly Surya dalam film FIKSI, produksi Surya Indrantara.

9. Penulis Skenario Terbaik jatuh pada Joko Anwar/ Mouly Surya dalam film FIKSI.

10. Penata Musik Terbaik jatuh pada Zeke Khaseli dalam film FIKSI.

12. Penata Gambar Terbaik jatuh pada Yoga Krispratama, dalam film CLAUDIA/JASMINE.

13. Penata Suara Terbaik jatuh pada Satrio Budiono, dalam film MAY.

14. Penata Sinematografi Terbaik diberikan kepada Ical Tanjung, dalam film MAY.

15. Penata Artistik Terbaik jatuh untuk Budi Riyanto dalam film UNDER THE TREE.

Penghargaan Khusus

Pada FFI 2008 Dewan Juri juga memberikan penghargaan khusus kepada Film Animasi Terbaik yakni film A KITE karya sutradara Achmad Rofiq, serta penghargaan khusus kepada Film Pendek dengan Tema Terbaik yakni film NYAWA-NYAWA MENDAMAIKAN PERSADA karya sutradara Robby Ertanto.

Festival Film Indonesia 2008 diikuti sebanyak 57 judul film cerita bioskop, 39 judul film dokumenter, dan 48 judul film. (kpl/wwn/dar)

Sumber : KapanLagi.com
Share this article :

1 komentar:

SariRAPET mengatakan...

wah terima kasih mas, keliwat acara yang satu ini. jadi ke up date juga.

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Griya Maya Rog Rog Asem - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger